Jumat, 27 September 2019

Pengertian dan Elemen Strategi Pemasaran serta Konsep Sistem Informasi Pemasaran(SIP)

  Strategi Pemasaran adalah Alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Elemen Strategi Pemasaran :

- Pemilihan pasar 
- Penetapan harga 
- Perencanaan produk 
- Sistem distribusi
- Komunikasi pemasaran

Titik Tolak Pemasaran :

- Kebutuhan : suatu keadaan dirasakannya ketidakpuasan dasar tertentu. Contoh: sandang, pangan, papan, harga diri (lihat teori Maslow)
- Keinginan :  kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan lebih mendalam.
- Permintaan : keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan.
- Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk dapat berupa barang ataupun jasa.

Intisari Pemasaran : Menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar daripada yang diciptakan oleh pesaing. di dalam menciptakan nilai itu ada beberapa hal yang harus diketahui

- Nilai : perkiraan pelanggan atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya (manfaat atau kepuasan yang dirasakannya : harga atau biaya)
- Harga :  biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan.
- Kepuasan Pelanggan : perasaan senang atau kecewa pelanggan yang berasal dari perbandingan antara kinerja produk dengan harapannya.
- Transaksi :  perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih.
- Pasar : semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.
- Pemasar : seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
- Pembeli :  seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran nilai.



Konsep/Model Sistem Informasi Pemasaran  :


























Subsistem Input Pemasaran:

• Sistem Informasi Akuntansi: memberikan data terperinci dan berkaitan dengan masalah keuangan, baik yang bersumber dari dalam maupun dari luar perusahaan. 
• Riset/penelitianpemasaran: memberikan fasilitas untuk merancang, mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data hasil riset di bidang pemasaran secara sistematis. Data yang dikumpulkan dalam subsistem ini ada dua jenis, yaitu data primer (kuesioner, survei, observasi, dsb) dan data sekunder (dari sumber intern seperti laporan rugi laba, neraca, laporan statistik: buku, jurnal). •Intelejenpemasaran: mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan lingkungan perusahaan khususnya mengenai pesaing untuk membantu para manajer mempersiapkan dan menyempurnakan rencana pemasaran. 

Subsistem Output Pemasaran:

• Subsistem informasi produk: memberikan informasi apa saja yang berkaitan dengan produk yang dijual oleh perusahaan misalnya siklus produk, harga produk, spesifikasi produk dan sebagainya. 
• Subsistem informasi harga: memberikan informasi tentang harga setiap produk yang dijual.
• Subsistem informasi tempat: memberikan informasi tentang bagaimana produk didistribusikan kepada konsumen. 
• Subsistem informasi promosi: memberikan informasi tentang komunikasi pemasaran seperti apa yang paling efektif.
• Subsistem informasi bauran terpadu, merupakan penggabungan informasi dari keempat subsistem diatas.

0 komentar:

Posting Komentar