Strategi Pemasaran adalah Alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan
dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar
yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran
tersebut.
Elemen Strategi Pemasaran :
- Pemilihan pasar
- Penetapan harga
- Perencanaan
produk
- Sistem distribusi
- Komunikasi
pemasaran
Titik Tolak Pemasaran :
- Kebutuhan : suatu keadaan dirasakannya ketidakpuasan dasar tertentu.
Contoh: sandang, pangan, papan, harga diri (lihat teori Maslow)
- Keinginan : kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik
terhadap kebutuhan-kebutuhan lebih mendalam.
- Permintaan : keinginan
akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan.
- Produk : segala
sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Produk dapat berupa barang ataupun jasa.
Intisari Pemasaran : Menciptakan nilai pelanggan yang lebih besar daripada yang
diciptakan oleh pesaing. di dalam menciptakan nilai itu ada beberapa hal yang harus diketahui
- Nilai : perkiraan pelanggan atas seluruh kemampuan produk untuk
memuaskan kebutuhannya (manfaat atau kepuasan yang dirasakannya : harga
atau biaya)
- Harga : biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan.
- Kepuasan Pelanggan : perasaan senang atau kecewa pelanggan yang berasal
dari perbandingan antara kinerja produk dengan harapannya.
- Transaksi : perdagangan nilai antara dua pihak atau lebih.
- Pasar : semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan
keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan
mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan
dan keinginan tersebut.
- Pemasar : seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli
yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
- Pembeli : seseorang yang diidentifikasi oleh pemasar sebagai
orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam
pertukaran nilai.
Konsep/Model Sistem Informasi Pemasaran :
Subsistem Input Pemasaran:
• Sistem Informasi Akuntansi: memberikan data terperinci dan berkaitan
dengan masalah keuangan, baik yang bersumber dari dalam maupun
dari luar perusahaan.
• Riset/penelitianpemasaran: memberikan fasilitas untuk merancang,
mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data hasil riset di bidang
pemasaran secara sistematis. Data yang dikumpulkan dalam subsistem
ini ada dua jenis, yaitu data primer (kuesioner, survei, observasi, dsb)
dan data sekunder (dari sumber intern seperti laporan rugi laba, neraca,
laporan statistik: buku, jurnal).
•Intelejenpemasaran: mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan
dengan lingkungan perusahaan khususnya mengenai pesaing untuk
membantu para manajer mempersiapkan dan menyempurnakan rencana
pemasaran.
Subsistem Output Pemasaran:
• Subsistem informasi produk: memberikan informasi apa saja yang
berkaitan dengan produk yang dijual oleh perusahaan misalnya siklus
produk, harga produk, spesifikasi produk dan sebagainya.
• Subsistem informasi harga: memberikan informasi tentang harga setiap
produk yang dijual.
• Subsistem informasi tempat: memberikan informasi tentang bagaimana
produk didistribusikan kepada konsumen.
• Subsistem informasi promosi: memberikan informasi tentang
komunikasi pemasaran seperti apa yang paling efektif.
• Subsistem informasi bauran terpadu, merupakan penggabungan
informasi dari keempat subsistem diatas.
0 komentar:
Posting Komentar