Senin, 23 September 2019

Pentingnya Inovasi Model Bisnis Di Era Industri 4.0


        Pada jaman now, kesuksesan perusahaan untuk bersaing dalam jangka panjang bergantung pada kemampuannya untuk menciptakan model bisnis yang inovatif.

Adapun Alasan-alasan Yang Membuat Sebuah Perusahaan Tidak Dapat Bersaing Adalah:
  • Perusahaan-perusahaan tersebut gagal menyesuaikan model bisnisnya dengan lingkungan yang senantiasa berubah 
  • Hanya mengandalkan rangkaian kesuksesan terdahulu
  • Hanya mengandalkan pada produk (barang/jasa) yang menghasilkan pendapatan konstan dan mendorong perusahaan untuk memacu perolehan laba dari bisnis yang telah berhasil juga tidak akan menjamin keberlangsungan perusahaan tersebut
Era Inovasi Model Bisnis

-  Inovasi selalu menjadi faktor penting dalam mendorong         pertumbuhan dan daya saing dalam bisnis 
- Pada masa lalu inovasi teknologi canggih atau                         memperkenalkan produk yang khas sudah cukup untuk berhasil, shg banyak perusahaan “demam teknologi".  
- Teknologi baru, batasan bidang usaha yang semakin abu - abu, perubahan pasar, pesaing baru yang lebih kompetitif      dan perubahan regulasi semakin meminggirkan inovasi        produk dan proses. Suka atau tidak suka, aturan main di      hampir semua bidang usaha telah berubah.

Kisah Sukses Inovasi Model Bisnis

  1. Amazon menjadi penjual buku terbesar dunia, meskipun tidak memiliki bangunan toko satu pun
  2. Apple adalah pengecer musik terbesar dunia, meskipun tidak menjual CD
  3. Pixar memenangkan 11 penghargaan academy awards dalam 10  thn terakhir tanpa satu aktor manusia pun di semua filmnya
  4. Netfliks menemukan kembali rental vidio meskipun tidak memiliki gerai rental satu pun
  5. Skype merupakan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di seluruh dunia meskipun tidak memiliki prasarana jaringan sama sekali
  6. Starbucks jaringan gerai kopi terbesar dunia yang menjual produk kopi berstandar khusus dengan harga tinggi


Elemen Model Bisnis


4 ELEMEN MODEL BISNIS :.

  1. PELANGGAN Siapa konsumen yang dituju. Konsumen adalah inti model bisnis. Mengapa ?
  2. PROPOSISI NILAI Apa yang ditawarkan kepada pelanggan. Apa yang ditawarkan & bagaimana kita melayani kebutuhan pelanggan
  3. RANTAI NILAI Bagaimana cara menghasilkan penawaran tersebut. Agar proposisi nilai tetap sasaran, kita harus menjalankan bbrp proses dan aktivitas. Keduanya berhubungan dgn kemampuan dan SD terkait, dan koordinasi kedua hal tersebut dgn rantai nilai perusahaan.
  4. MEKANISME LABA Mengapa model bisnis itu menghasilkan laba. Beberapa aspek seperti struktur biaya, mekanisme penghasil pemasukan (revenue stream), kelayanan finansial. Informasi ini akan menjawab pertanyaan pokok yang selalu ditanyakan oleh setiap perusahaan. BAGAIMANA CARA MENGHASILKAN NILAI BAGI PARA PEMEGANG SAHAM & PEMILIK KEPENTINGAN? Atau BAGAIMANA AGAR MODEL BISNIS DAPAT BERJALAN SECARA KOMERSIAL.

SIAPA - APA - BAGAIMANA - MENGAPA

- Secara keseluruhan, sebuah model bisnis menggambarkan siapa pelanggan kita, apa yang kita jual, bagaimana kita menghasilkannya dan mengapa bisnis kita menguntungkan.
- Pertanyaan Siapa-aPA-bagaimaNA-MENGapa (SAPA NAMENG) menggambarkan sebuah model bisnis, dimana 2 pertanyaan pertama (Siapa-Apa) menguraikan sisi eksternal dan 2 pertanyaan terakhir (Bagaimana-Mengapa) menguraikan sisi internal.

Inovasi Model Bisnis MEMERLUKAN Perubahan Sekurang Kurangnya 2 Dari 4 Elemen itu.

1 komentar: