Pada jaman now, kesuksesan perusahaan untuk bersaing dalam jangka panjang bergantung pada kemampuannya untuk menciptakan
model bisnis yang inovatif.
Adapun Alasan-alasan Yang Membuat Sebuah Perusahaan Tidak Dapat Bersaing Adalah:
- Perusahaan-perusahaan tersebut gagal menyesuaikan model bisnisnya dengan lingkungan yang senantiasa berubah
- Hanya mengandalkan rangkaian kesuksesan terdahulu
- Hanya mengandalkan pada produk (barang/jasa) yang menghasilkan pendapatan konstan dan mendorong perusahaan untuk memacu perolehan laba dari bisnis yang telah berhasil juga tidak akan menjamin keberlangsungan perusahaan tersebut
- Inovasi selalu menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan dan daya saing dalam bisnis
- Pada masa lalu inovasi teknologi canggih atau memperkenalkan produk yang khas sudah cukup untuk berhasil, shg banyak perusahaan “demam teknologi".
- Teknologi baru, batasan bidang usaha yang semakin abu - abu, perubahan pasar, pesaing baru yang lebih kompetitif dan perubahan regulasi semakin meminggirkan inovasi produk dan proses. Suka atau tidak suka, aturan main di hampir semua bidang usaha telah berubah.
Kisah Sukses Inovasi Model Bisnis
- Amazon menjadi penjual buku
terbesar dunia, meskipun tidak memiliki bangunan toko satu pun
- Apple adalah pengecer musik
terbesar dunia, meskipun tidak menjual CD
- Pixar memenangkan 11 penghargaan
academy awards dalam 10 thn terakhir tanpa satu aktor manusia pun
di semua filmnya
- Netfliks menemukan kembali rental
vidio meskipun tidak memiliki gerai rental satu pun
- Skype merupakan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di seluruh dunia meskipun tidak memiliki prasarana jaringan sama sekali
- Starbucks jaringan gerai kopi terbesar dunia yang menjual produk kopi berstandar khusus dengan harga tinggi
Elemen Model Bisnis
4 ELEMEN MODEL BISNIS :.
- PELANGGAN
– Siapa
konsumen yang dituju. Konsumen adalah inti model bisnis. Mengapa ?
- PROPOSISI
NILAI – Apa yang
ditawarkan kepada pelanggan. Apa yang ditawarkan & bagaimana kita
melayani kebutuhan pelanggan
- RANTAI
NILAI – Bagaimana
cara menghasilkan penawaran tersebut. Agar proposisi nilai tetap sasaran,
kita harus menjalankan bbrp proses dan aktivitas. Keduanya berhubungan dgn
kemampuan dan SD terkait, dan koordinasi kedua hal tersebut dgn rantai
nilai perusahaan.
- MEKANISME LABA – Mengapa model bisnis itu menghasilkan laba. Beberapa aspek seperti struktur biaya, mekanisme penghasil pemasukan (revenue stream), kelayanan finansial. Informasi ini akan menjawab pertanyaan pokok yang selalu ditanyakan oleh setiap perusahaan. BAGAIMANA CARA MENGHASILKAN NILAI BAGI PARA PEMEGANG SAHAM & PEMILIK KEPENTINGAN? Atau BAGAIMANA AGAR MODEL BISNIS DAPAT BERJALAN SECARA KOMERSIAL.
SIAPA - APA - BAGAIMANA - MENGAPA
- Secara keseluruhan, sebuah model bisnis
menggambarkan siapa pelanggan kita, apa yang kita jual, bagaimana kita
menghasilkannya dan mengapa bisnis kita menguntungkan.
- Pertanyaan Siapa-aPA-bagaimaNA-MENGapa
(SAPA NAMENG) menggambarkan sebuah model bisnis, dimana 2 pertanyaan pertama
(Siapa-Apa) menguraikan sisi eksternal dan 2 pertanyaan terakhir
(Bagaimana-Mengapa) menguraikan sisi internal.
Inovasi Model Bisnis MEMERLUKAN Perubahan Sekurang Kurangnya 2 Dari 4 Elemen itu.
Terimakasih informasinya,semoga sukses selalu..
BalasHapus